Tentang Bahasa Ceko

Di negara mana bahasa Ceko digunakan?

Bahasa Ceko terutama digunakan di Republik Ceko. Ada juga populasi penutur bahasa Ceko yang besar di Austria, Jerman, Hongaria, Polandia, Slovakia, dan Ukraina. Bahasa ini juga dituturkan oleh lebih sedikit orang di negara lain, seperti Australia, Kanada, Kroasia, Prancis, Italia, Rumania, Serbia, dan Amerika Serikat.

Bagaimana sejarah bahasa Ceko?

Bahasa Ceko adalah bahasa Slavonik Barat, bagian dari rumpun bahasa Indo-Eropa. Ini sangat erat kaitannya dengan bahasa Slowakia dan merupakan bahasa resmi Republik Ceko. Bahasa ini sangat dipengaruhi oleh bahasa Latin, Jerman, dan Polandia selama berabad-abad.
Bukti paling awal dari bahasa tersebut berasal dari abad ke-10, ketika pertama kali didokumentasikan di tempat yang sekarang menjadi Republik Ceko. Pada saat itu, bahasa tersebut dikenal sebagai bahasa Bohemia dan sebagian besar digunakan di wilayah Bohemian. Sepanjang abad ke-11 dan ke-12, bahasa ini berkembang dari bahasa Slavonik Gereja Lama, meskipun masih mempertahankan beberapa ciri bahasa aslinya.
Pada abad ke-14, Bahasa Ceko mulai digunakan dalam bentuk tertulis dan versi awal bahasa tersebut, yang dikenal sebagai bahasa Ceko Tengah, muncul. Selama waktu ini, bahasa tersebut mengalami beberapa perubahan karena pengaruh bahasa Latin, Jerman, dan Polandia dan secara bertahap berkembang menjadi bahasa Ceko Modern.
Pada tahun 1882, ahli bahasa Ceko ČeněK ZbrBrt menerbitkan tata bahasa Ceko miliknya, yang menjadi dasar standarisasi bahasa tersebut. Bahasa tersebut kemudian disatukan di bawah Undang-Undang Ortografi Ceko tahun 1943, yang menetapkan bahasa tertulis umum untuk seluruh Republik Ceko.
Sejak itu, bahasa tersebut terus berkembang dan berkembang, dan saat ini dituturkan oleh lebih dari 9 juta orang di Republik Ceko dan Slovakia.

Siapa 5 orang teratas yang paling banyak berkontribusi dalam bahasa Ceko?

1. Jan Hus (c. 1369-1415): Seorang pembaharu agama Ceko, filsuf, dan dosen teologi di Universitas Charles di Praha, Jan Hus memiliki pengaruh besar pada perkembangan bahasa Ceko. Khotbahnya dan tulisan-tulisannya yang berpengaruh ditulis dalam bahasa Ceko dan membantu memperkuat statusnya sebagai bahasa resmi di Bohemia.
2. VáClav hladký (1883-1949): Seorang ahli bahasa Ceko terkenal dan profesor bahasa Slavia di Universitas Charles di Praha, VáClav hladk auth menulis banyak karya tentang bahasa Ceko, termasuk Tata Bahasa dan Ortografi Ceko. Dia juga menjadi kontributor utama Norma Bahasa Negara Cekoslowakia, yang diadopsi pada tahun 1926 dan tetap menjadi standar resmi bahasa Ceko hingga saat ini.
3. Božena Němcová (1820-1862): terkenal karena novelnya Babička (Nenek), Božena Němcová adalah seorang tokoh besar di republik Kebangkitan Nasional gerakan dan di antara yang pertama penulis untuk menulis secara ekstensif dalam ceko. Karya-karyanya berkontribusi pada munculnya bahasa sastra Ceko dan membantu mempopulerkan penggunaannya dalam sastra.
4. Josef Jungmann (1773-1847): Seorang penyair dan ahli bahasa, Josef Jungmann berperan penting dalam membentuk bahasa Ceko modern. Dia dikreditkan dengan memperkenalkan banyak kata dari bahasa lain, seperti Jerman, Italia, dan Prancis, ke dalam bahasa Ceko, dan membantu menetapkan bahasa Ceko sebagai bahasa sastra.
5. Prokop diviš (1719-1765): Seorang ahli bahasa dan poliglot, Prokop divi considered Dia banyak menulis tentang linguistik komparatif, tata bahasa, dan fonologi, dan dikreditkan dengan membantu mereformasi bahasa Ceko dan membuatnya lebih cocok untuk penulisan formal.

Bagaimana struktur bahasa Ceko?

Bahasa Ceko adalah bahasa Slavia Barat, yang artinya termasuk dalam rumpun yang sama dengan bahasa Slavia lainnya seperti Polandia, Slowakia, dan Rusia. Ini memiliki beberapa karakteristik berbeda yang membuatnya unik dari bahasa lain.
Bahasa Ceko adalah bahasa infleksional, artinya kata-kata berubah bentuk tergantung fungsinya dalam sebuah kalimat. Ini juga mengandung aglutinasi, yang berarti bahwa awalan dan sufiks ditambahkan ke kata-kata untuk membentuk kata-kata baru atau untuk mengungkapkan nuansa makna. Bahasa Ceko memiliki tujuh kasus (berbeda dengan bahasa Inggris yang hanya memiliki dua, subjek dan objek). Ketujuh kasus tersebut memengaruhi kata benda, kata ganti, kata sifat, dan angka, serta menunjukkan peran sebuah kata dalam sebuah kalimat.
Terakhir, bahasa Ceko adalah bahasa yang sangat fonetik, dengan korespondensi satu-ke-satu antara kata-kata tertulis dan lisan. Ini membuatnya relatif mudah untuk dipelajari dan diucapkan, bahkan tanpa memahami arti kata-katanya.

Bagaimana cara mempelajari bahasa Ceko dengan cara yang paling benar?

1. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasar tata bahasa dan pengucapan Ceko. Ada banyak buku dan sumber daya online yang tersedia untuk membantu Anda mempelajari dasar-dasar bahasa tersebut.
2. Selami kosakata. Pelajari frasa kunci dan kata-kata yang umum digunakan untuk mulai membangun landasan pemahaman.
3. Tantang diri Anda dengan topik yang lebih rumit. Poles bahasa lisan dan tulisan Anda dengan mempraktikkan kalimat yang lebih kompleks, bentuk kata kerja, dan bentuk kata yang berbeda.
4. Dengarkan penutur asli dan tonton film asing. Untuk mengasah pelafalan dan pemahaman Anda tentang bahasa tersebut, jelajahi sumber media seperti program TV, stasiun radio, dan podcast untuk mendengar dan membiasakan diri dengan aksen dan bahasa gaul Ceko.
5. Habiskan waktu di negara berbahasa Ceko. Ini adalah cara terbaik untuk sepenuhnya membenamkan diri dalam bahasa dan budaya. Jika ini bukan pilihan, cobalah berkomunikasi dengan penutur asli atau berinteraksi dengan kelompok atau komunitas berbahasa Ceko.


Yayımlandı

kategorisi

yazarı:

Etiketler:

Yorumlar

Bir cevap yazın

E-posta hesabınız yayımlanmayacak. Gerekli alanlar * ile işaretlenmişlerdir