Tentang Bahasa Esperanto

Di negara mana bahasa Esperanto digunakan?

Esperanto bukanlah bahasa yang diakui secara resmi di negara mana pun. Diperkirakan sekitar 2 juta orang di seluruh dunia dapat berbicara bahasa Esperanto, sehingga digunakan di banyak negara di seluruh dunia. Ini paling banyak digunakan di negara-negara seperti Jerman, Jepang, Polandia, Brasil, dan Cina.

Bagaimana sejarah bahasa Esperanto?

Esperanto adalah bahasa internasional buatan yang dibuat pada akhir abad ke-19 oleh dokter mata Polandia L. L. Zamenhof. Tujuannya adalah merancang bahasa yang akan menjadi jembatan yang banyak digunakan antara budaya, bahasa, dan kebangsaan. Dia memilih bahasa yang secara linguistik sederhana, yang dia yakini akan lebih mudah dipelajari daripada bahasa yang ada.
Zamenhof menerbitkan buku pertama tentang bahasanya, “Unua Libro” (“Buku Pertama”), pada tanggal 26 Juli 1887 dengan nama samaran Dr. Esperanto (artinya “orang yang berharap”). Bahasa Esperanto menyebar dengan cepat dan pada pergantian abad telah menjadi gerakan internasional. Pada saat ini, banyak karya serius dan terpelajar ditulis dalam bahasa tersebut. Kongres Internasional pertama diadakan di Prancis pada tahun 1905.
Pada tahun 1908, Asosiasi Esperanto Universal (UEA) didirikan dengan tujuan untuk mempromosikan bahasa tersebut dan memajukan pemahaman internasional. Selama awal abad ke-20, beberapa negara mengadopsi bahasa Esperanto sebagai bahasa pembantu resmi mereka dan beberapa perkumpulan baru dibentuk di seluruh dunia.
Perang Dunia Kedua membebani perkembangan bahasa Esperanto, tetapi tidak mati. Pada tahun 1954, UEA mengadopsi Deklarasi Boulogne, yang menetapkan prinsip-prinsip dasar dan tujuan Esperanto. Ini diikuti dengan adopsi Deklarasi Hak Esperanto pada tahun 1961.
Saat ini, bahasa Esperanto dituturkan oleh beberapa ribu orang di seluruh dunia, terutama sebagai hobi, meskipun beberapa organisasi masih mempromosikan penggunaannya sebagai bahasa internasional yang praktis.

Siapa 5 orang teratas yang paling banyak berkontribusi dalam bahasa Esperanto?

1. Ludoviko Zamenhof-Pencipta bahasa Esperanto.
2. William Auld-Penyair dan penulis Skotlandia yang terutama menulis puisi klasik “adiaŭ” dalam bahasa Esperanto, serta banyak karya lain dalam bahasa tersebut.
3. Humphrey Tonkin-Profesor Amerika dan mantan presiden Asosiasi Esperanto Universal yang telah menulis lebih dari selusin buku dalam bahasa Esperanto.
4. L. L. Zamenhof-Putra Ludoviko Zamenhof dan penerbit Fundamento de Esperanto, tata bahasa resmi pertama dan kamus Esperanto.
5. Probal Dasgupta-Penulis, editor, dan penerjemah India yang menulis buku definitif tentang tata bahasa Esperanto, “Tata Bahasa Esperanto Baru yang Disederhanakan”. Dia juga dikreditkan dengan menghidupkan kembali bahasa di India.

Bagaimana struktur bahasa Esperanto?

Esperanto adalah bahasa yang dikonstruksi, artinya sengaja dirancang agar teratur, logis, dan mudah dipelajari. Ini adalah bahasa aglutinatif yang berarti bahwa kata-kata baru dibentuk dengan menggabungkan akar dan imbuhan, membuat bahasa tersebut lebih mudah dipelajari daripada bahasa alami. Urutan kata dasarnya mengikuti pola yang sama dari sebagian besar bahasa Eropa: subjek-kata kerja-objek (SVO). Tata bahasanya sangat sederhana karena tidak ada artikel pasti atau tidak pasti dan tidak ada perbedaan gender dalam kata benda. Juga tidak ada penyimpangan, artinya setelah Anda mempelajari aturannya, Anda dapat menerapkannya pada kata apa pun.

Bagaimana cara mempelajari bahasa Esperanto dengan cara yang paling benar?

1. Mulailah dengan mempelajari dasar-dasar bahasa Esperanto. Pelajari dasar-dasar tata bahasa, kosa kata, dan pelafalan. Ada banyak sumber daya online gratis, seperti Duolingo, Lernu, dan La Lingvo Internacia.
2. Berlatihlah menggunakan bahasa tersebut. Berbicaralah dalam bahasa Esperanto dengan penutur asli atau dalam komunitas Esperanto online. Jika memungkinkan, hadiri acara dan lokakarya bahasa Esperanto. Ini akan membantu Anda mempelajari bahasa dengan cara yang lebih alami dan mendapatkan umpan balik dari penutur berpengalaman.
3. Membaca buku dan menonton film dalam bahasa Esperanto. Ini akan membantu Anda mengembangkan pemahaman Anda tentang bahasa tersebut dan membantu Anda membangun kosakata Anda.
4. Temukan mitra percakapan atau ikuti kursus bahasa Esperanto. Memiliki seseorang untuk berlatih bahasa secara teratur adalah cara yang bagus untuk belajar.
5. Gunakan bahasa tersebut sebanyak mungkin. Cara terbaik untuk menjadi fasih dalam bahasa apa pun adalah dengan menggunakannya sebanyak mungkin. Baik Anda mengobrol dengan teman atau menulis email, gunakan bahasa Esperanto sebanyak mungkin.


Yayımlandı

kategorisi

yazarı:

Etiketler:

Yorumlar

Bir cevap yazın

E-posta hesabınız yayımlanmayacak. Gerekli alanlar * ile işaretlenmişlerdir